Senin, 30 Januari 2023
English EN Indonesian ID

Tugas dan Fungsi

Melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di bidang Keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau.  Dalam melaksanakan tugas  sebagaimana  dimaksud  di  atas  Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau menyelenggarakan fungsinya sebagai :

  1. Melaksanakan tugas Keimigrasian di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Melaksanakan tugas Keimigrasian di bidang Ijin Tinggal dan Status Keimigrasian.
  3. Melaksanakan tugas Keimigrasian di bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian.
  4. Melaksanakan tugas Fasilitatif bidang Tata Usaha (Urusan Kepegawaian, Urusan Keuangan dan Urusan Umum).

 

Dalam lingkup strategis penyelenggaraan pelayanan hukum pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau, yang meliputi :

  1. Pelayanan Dokumen Perjalanan, Fasilitas Keimigrasian;
  2. Pendeteksian pelanggaran atau kejahatan Keimigrasian;
  3. Persetujuan Ijin Tinggal dan Status Keimigrasian;
  4. Intelijen dan penindakan pelaku pelanggaran keimigrasian;
  5. Penyelenggaraan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian;
  6. Penyelenggaraan Fungsi Pengkoordinasian, Pelayanan dan Pengawasan

 

Adapun uraian tugas pokok dan fungsi tiap bagian pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau adalah sebagai berikut :

A) Bagian Tata Usaha, mempunyai tugas melakukan urusan fasilitatif bidang Tata Usaha, yaitu :

  1. Menyusun rencana kerja Sub Bagian Tata Usaha
  2. Menghimpun pendistribusian, pengelolaan arus surat menyurat dengan sistem kartu kendali untuk memperlancar penerimaan informasi
  3. Mengumpulkan kearsipan surat masuk dan dokumen kantor
  4. Menyelenggarakan dan mengatur administrasi pemeliharaan kendaraan dinas
  5. Mengompilasikan pemeliharaan alat perlengkapan kantor, gedung kantor, rumah dinas serta pemeliharaan pemakaian telpon, listrik, air dan kebersihan ruangan
  6. Memeriksa berkas tagihan pemeliharaan kantor, gedung kantor, rumah dinas dan biaya tanggungan listrik dan telepon
  7. Menghimpun usulan pelaksanaan penghapusan alat perlengkapan kantor dan kendaraan dinas
  8. Menghimpun pembuatan daftar gaji/dan rapel pegawai
  9. Menghitung dan menyelenggarakan pengurusan perjalanan dinas
  10. Menghimpun pelaksanaan pengamanan di lingkungan kantor
  11. Menganilisa data kepegawaian dan usul-usul formasi pegawai sebagai bahan usul untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan Pra jabatan dan ujian dinas tingkat I dan tingkat II
  12. Menyusun usulan pemberian penghargaan, tanda penghormatan dan Kartu Pegawai bagi CPNS yang telah diangkat menjadi PNS, permintaan pengujian kesehatan dan penyusunan DUK
  13. Membuat pengusulan kenaikan pangkat pengusulan pengangkatan dalam jabatan Struktural, pemindahan pegawai, pemberhentian, dan pensiu
  14. Seksi Ijin Tinggal dan Status Keimigrasian:
  15. Membuat rencana kerja tahunan pada Seksi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal Keimigrasian
  16. Melakukan pengecekan kelengkapan berkas permohonan SPRI
  17. Melakukan pengecekan kelengkapan berkas Exit Re-Entry Permit dan loket
  18. Membubuhkan paraf setelah lengkap berkas permohonan paspor dan berkas exit Re-Entry Permit
  19. Melakukan pengawasan terhadap staf, loket, entry data, foto,wawancara, pencetakan paspor, bagian pengambilan paspor dan pengambilan Re-Entry Permit
  20. Melakukan Koordinasi degan staf Lantaskim (briefing).
  21. Melakukan koordinasi dengan atasan langsung serta evaluasi dan laporan terhadap pelaksanaan kerja pada sub seksi
  22. Menandatangani perpanjangan izin tinggal kunjungan pada paspor
  23. Memberikan paraf perpanjangan KITAS
  24. Memberikan paraf pada surat permohonan perpanjangan KITAP
  25. Memberikan paraf pada surat permohonan konversi ITK ke ITAS
  26. Memberikan paraf pada surat permohonan ITAS KE ITAP
  27. Mengusulkan perpanjangan KITAS dan KITAP ke Kantor Wilayah
  28. Mengusulkan konversi ITK ke ITAS ke Kantor Wilayah
  29. Menandatangani surat penangguhan perpanjangan ITAS
  30. Menandatangani surat penangguhan alih status ITK ke ITAS
  31. Menandatangani surat penangguhan alih status ITAS ke ITAP
  32. Memberikan paraf pada surat permohonanan SKIM
  33. Menandatangani dan memberikan penilaian terhadap kinerja petugas seksi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal Keimigrasian.

 

B) Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian :

  1. Melakukan pemantuan terhadap pelangaran perizinan keimigrasian dan mengadakan kerjasama antara instansi di bidang pengawasan orang asing;
  2. Melakukan penyidikan dan penindakan terhadap pelanggran keimigrasian.

 

C) Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian :

  1. Menyusun rencana program kerja seksi TIKKIM
  2. Menandatangani buku pengawasan orang asing
  3. Menandatangani Exit Permit Only
  4. Menandatangani mutasi alamat
  5. Menandatangani surat keluar
  6. Melaksanakan digitalisasi file
  7. Melaksanakan publikasi dan visualisasi
  8. Pemutakhiran data
  9. Membuat laporan bulanan dan statistik kegiatan WNI dan WNA
  10. Penataan arsip WNI dan WNA.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.