Senin, 30 Januari 2023
English EN Indonesian ID

Selayang Pandang

 

Secara geografis letak wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau meliputi 4 (empat) kabupaten dengan luas keseluruhan berjumlah 49.234 Km2. Keempat kabupaten tersebut adalah : Kabupaten Sanggau (tidak termasuk Kec. Sekayam dan Kec. Entikong), Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi. Luas Wilayah Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Melawi 31.159,70 km2. Jumlah penduduknya 523.900 jiwa dimana sebagian besar etnisnya adalah Dayak dan Melayu. Masyarakatnya berprofesi sebagai Pegawai Negeri, Swasta, Petani dan Pedagang. Sumber alam berupa hasil hutan, kayu, kelapa sawit, bauksit dan minyak. Sedangkan Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi memiliki luas 32.279 Km2, dengan jumlah penduduk 492.500 jiwa dan sebagian besar etnisnya adalah Dayak dan Melayu. Masyarakatnya berprofesi sebagai Pegawai Negeri, Swasta, Petani dan Pedagang. Sedangkan sumber alamnya menghasilkan kayu, kelapa sawit, emas, batubara, minyak dan uranium.

 

Sebelumnya Wilayah kerja Kantor Imigrasi klas II Sanggau mencakup Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang (dimekarkan menjadi Kabupaten Melawi) dan Kabupaten Sanggau (dimekarkan menjadi Kabupaten Sekadau). Saat itu Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau membawahi Pos Lintas Batas Entikong, Bantan, Merakai Panjang dan Nanga Badau. Namun pada bulan Februari 1992 Pos Lintas Batas Entikong yang sebelumnya berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Sanggau diubah statusnya menjadi Kantor Imigrasi Kelas III Entikong dan sekarang telah berubah menjadi  kantor imigrasi kelas II.

Selanjutnya wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau dimekarkan lagi dengan dibukanya Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH.-03.OT.01.01 Tahun 2013, dengan demikian maka wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau  khususnya yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia meliputi 3 (tiga) daerah pemukiman penduduk, yaitu : Jasa, Nanga Bayan dan Semareh. Dari ke-3 tempat pemukiman penduduk tersebut hingga saat ini belum satupun memiliki Pos Lintas Batas. Wilayah kerja yang luas, jarak tempuh dan kondisi medan yang berat merupakan salah satu kendala apalagi belum adanya jalan poros penghubung pada ketiga tempat tersebut.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau berdiri pada tanggal 06 Februari 1984 dengan SK. Menteri Kehakiman No. M.01-PR.07.04 tahun 1984 dan berkantor di Jalan Badang tepatnya di Rumah Dinas Imigrasi yang dibangun tahun 1980, kemudian pada tahun 1985 pindah ke Jl. Sutan Syahrir No. 261, Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau hingga sekarang.

Dalam perjalanannya, pada Februari  2002 Gedung Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sanggau pernah mengalami kebakaran dan memusnahkan seluruh inventaris kantor beserta arsip fasilitatif dan arsip substantif. Akibatnya secara keseluruhan kegiatan operasional menjadi terhambat. Kemudian agar kegiatan pelayanan keimigrasian bisa tetap berjalan maka sejak tanggal 12 Februari 2002 kegiatan operasional kantor dialihkan ke Gedung Karantina hingga awal Februari 2003. Pada bulan Maret 2003 Kantor baru yang dibangun pada lokasi yang sama selesai dibangun dan kegiatan pelayanan keimigrasian pun kembali dialihkan di gedung yang baru dibangun tersebut hingga saat ini.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.